Pages

Selasa, 17 Mei 2011

Otak Kiri VS Otak Kanan

Tanpa kita sadari, otak kita yang berharga ini ternyata memiliki karakter tersendiri antara bagian kiri dan kanannya, kebanyakan kita mengatakan 'pakai otak donk' kalau melihat sesuatu yang kita anggap aneh/tidak benar, tapi sebenarnya bagian manakah yang harus 'disalahkan' kiri ataukah kanan?!

Otak Kiri kita memiliki tugas untuk mengatur kemampuan dalam penalaran, bahasa, tulisan, logika dan berhitung. Daya ingat otak kiri bersifat jangka pendek (atau bahasa kerennya, short term memory). Bila terjadi kerusakan pada otak kiri maka akan terjadi gangguan dalam hal fungsi berbicara, berbahasa dan matematika. Untuk mempertahankan kapasitas otak kiri Anda, cobalah untuk mempelajari bahasa baru atau melakukan permainan puzzle. Dengan melakukan latihan ketangkasan ini maka secara stimulus otak kiri kita akan lebih terasah kemampuannya.

Berbicara tentang Otak Kanan, bagian ini memiliki fungsi untuk menangani proses berpikir kreatif manusia. Otak kanan biasanya diidentikkan tentang kreatifitas, khayalan, bentuk atau ruang, emosi, dan warna. Daya ingat otak kanan bersifat panjang (long term memory). Cara kerjanya tidak terstruktur dan cenderung tidak memikirkan hal-hal yang terlalu mendetail. Bila terjadi kerusakan pada otak kanan misalnya pada penyakit stroke atau tumor otak, maka fungsi otak yang terganggu adalah kemampuan visual dan emosi. Untuk menjaga ketajaman otak kanan Anda berlatihlah bernyanyi atau membuat kerajinan tangan, karena kegiatan-kegiatan ini sangat menunjang daya kreatifitas kita, sehingga otak kanan akan berkembang secara maksimal

Untuk mengetahui bentroknya kegiatan antara Otak Kanan dan Kiri, cobalah tebak warna dari tiap tulisan di atas. Selamat Mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar